Manajemen Waktu




ARTI WAKTU
Untuk mengetahui arti satu tahun, tanya pada seorang siswa yang gagal SPMB.

Untuk mengetahui arti satu bulan, tanya pada ibu yang melahirkan bayi premature.

Untuk mengetahui arti satu minggu, tanya pada editor majalah mingguan

Untuk mengetahui arti satu hari, tanya pada buruh harian yang punya enam orang anak

Untuk mengetahui arti satu jam, tanya pada orang yang sedang mengerjakan ujian

Untuk mengerti arti satu menit, tanya pada orang yang ketinggalan kereta

Untuk mengetahui arti satu detik, tanya pada seseorang yang selamat dari kecelakaan

Untuk mengetahui arti satu milidetik, tanya seseorang yang memenangkan medali di Olimpiade


MANAJEMEN WAKTU
Manajemen waktu adalah perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian, dan evaluasi penggunaan waktu.

STRATEGI PENJADWALAN

  • Buat daftar kegiatan yang akan dikerjakan
  • Buat skala prioritas dari tiap kegiatan
  • Perkirakan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tiap kegiatan
  • Alokasikan waktu untuk tiap kegiatan
  • Kendalikan penggunaan waktu agar tercapai efisiensi
  • Evaluasi penetapan jadwal


PENYEBAB PENUNDAAN
a.       Menghindari hal yang dianggap tidak menarik, tidak menyenangkan, atau tidak penting.
b.      Tugas sangat kompleks sehingga mengurangi motivasi
c.       Merasa masih memiliki banyak waktu
d.      Malas  

MENGHILANGKAN KEBIASAAN MENUNDA

a)      Amati kelakuan menunda
b)      Temukan alasan penundaan
c)      Singkirkan pikiran negatif
d)     Jangan terus bekerja dalam tekanan
e)      Jangan terbawa perasaan
f)       Percaya diri untuk memulai
g)      Mulai saat ini

Comments

Popular posts from this blog

ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM(Koperasi Budi Luhur)

Bilangan Prima menggunakan GoLang

Cara menuju Lubang Buaya