Laporan magang SEAMOLEC

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang
SEAMOLEC adalah lembaga dibawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang memiliki konsen dibidang training, pelatihan dan pengembangan Pendidikan Jarak Jauh. SEAMOLEC memberikan beasiswa untuk riset kepada mahasiswa yang sedang dan akan melakukan thesis.
Program alih jenjang mahasiswa D-II ke D-III Batch AMIK Seamolec 2014 merupakan sebuah program yang dilaksanakan seamolec sebagai upaya untuk mensosialkan program pembelajaran yang merupakan program utama seamolec, maka para mahasiswa dituntut untuk memperdalam pengetahuan tentang pemograman, pengetahuan e-learning dan hal lainnya ayng berkaitan dengan Perkuliahan Jarak Jauh (PJJ).
Seamolec mengadakan kegiatan magang dimana tujuan untamanya adalah mendekatkan mahasiswa dengan dunia kerja. Sehingga nantinya diharapkan mampu memperluas wawasan mahasiswa dalam menggeluti bidang yang ditekuninya.
Dalam pelaksanaan magang, hal yang akan diajarkan adalah pembelajaran yang didapat dari pendidikan seamolec selama 1 tahun mengenahi system pembelajaran berbasis e-learning.

1.2.            Maksud Dan Tujuan Magang
Maksud dari pelaksanaan magang adalah sebagai tugas yang diberikan pihak seamolec dalam program pendidikan alih jenjang D-II ke D-III Batch AMIK untuk mengaplikasikan materi yang didapat selama matrikulasi.
Dengan maksud tersebut maka mendukung efektifitas proses pendidikan dengan mendayagunakan proses pembelajaran dengan berbasis TIK.






BAB II
PEMBAHASAN

2.1.            Gambaran Umum Seamolec
Sejak berdirinya pada tanggal 27 Februari 1997, SEAMOLEC tidak hanya diprioritaskan pada persiapan dokumen hukum sebagai pusat SEAMEO baru tetapi juga pada kegiatan melakukan sesuai dengan tujuan dan fungsinya .
Selama pra - pembentukan SEAMOLEC, sebuah Satuan Tugas Indonesia atau “Indonesian Task Force” (ITF) yang mewakili instansi terkait dibentuk. Para anggota Satuan Tugas Indonesia adalah perwakilan dari Pusat Komunikasi dan Teknologi Informasi untuk Pendidikan (Pustekkom), Belajar Universitas Indonesia Terbuka (UT), Kerjasama Biro Internasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Biro KLN), dan Asosiasi Indonesia Pendidikan Technologists (IPTPI).
Kemudian, ITF diperpanjang menjadi Tim SEAMOLEC Studi Kelayakan terdiri dari perwakilan negara-negara anggota SEAMEO dan SEAMEO Sekretariat. Tim ini adalah untuk mempersiapkan dan melakukan studi kelayakan untuk pembentukan SEAMOLEC. Tim telah bekerja sangat keras melalui dua lokakarya SEAMEO (dilakukan di Jakarta dan Yogyakarta) dan akhirnya bisa berhasil menyelesaikan tugasnya dengan menyerahkan laporan studi kelayakan untuk SEAMEO “High Officials Meeting” (HOM​​) atau Pertemuan Pejabat Tinggi di Bangkok, Thailand dan SEAMEO Council Conference di Manila, Filipina.
Alasan untuk pembentukan SEAMOLEC, antara lain adalah keyakinan bahwa sekolah konvensional saja tidak akan mampu memenuhi pendidikan untuk semua. Selain itu, beberapa negara anggota SEAMEO telah menerapkan program pembelajaran terbuka dan jarak jauh sebagai cara alternatif untuk meningkatkan peluang dan akses bagi peserta didik untuk berpartisipasi dalam program pendidikan/pelatihan.
Masih ada beberapa negara anggota SEAMEO yang belum menerapkan program pembelajaran terbuka dan jarak jauh meskipun kebutuhan pendidikan dan pelatihan tidak dapat diberikan oleh lembaga konvensional yang ada. Dalam rangka mempromosikan pelaksanaan pembelajaran terbuka dan jarak jauh dan mendorong pertumbuhan program pembelajaran terbuka dan jarak jauh yang ada untuk memenuhi permintaan "Pendidikan Untuk Semua", proposal proyek SEAMOLEC dikembangkan.

2.2.            Visi dan Misi
2.2.1.      Visi
Untuk menjadi pusat keahlian dalam pembelajaran terbuka dan jarak jauh
2.2.2.      Misi
Untuk membantu SEAMEO Negara Anggota dalam mengidentifikasi masalah pendidikan dan mencari solusi alternatif untuk pengembangan sumber daya manusia yang berkelanjutan melalui penggunaan diseminasi dan efektif pembelajaran terbuka dan jarak jauh.

2.3.            Tujuan
Tujuan dari SEAMOLEC adalah melakukan program yang relevan yang responsif terhadap kebutuhan nasional dan regional saat ini di bidang pembelajaran terbuka dan jarak jauh . Dalam formulasi yang lebih spesifik , tujuan adalah untuk membantu : Negara anggota SEAMEO dalam mempromosikan dan mendorong pembelajaran terbuka dan jarak jauh sebagai cara lain untuk memenuhi permintaan untuk pendidikan dan pelatihan . Dalam hal ini , pembelajaran terbuka dan jarak jauh dapat berfungsi untuk melengkapi , suplemen , atau menggantikan instruksi kelas konvensional .
Terbuka dan jarak jauh penyedia pembelajaran di Negara Anggota SEAMEO di: Merancang, mengembangkan, evaluasi, mempromosikan, meningkatkan dan memperluas layanan mereka sehingga mempercepat partisipasi siswa, drop out rendah tingkat, dan meningkatkan jumlah lulusan yang berkualitas; Membangun koperasi hubungan untuk saling membantu dan pembentukan jaringan terbuka dan pembelajaran jarak jauh; dan Mengidentifikasi, memperoleh, dan memanfaatkan sumber daya.




2.4.            Fungsi
Untuk mencapai visi, misi, tujuan, dan sasaran, SEAMOLEC akan memegang fungsi pelatihan, penelitian dan pengembangan, informasi, konsultasi, dan sumber daya yang menghubungkan pada setiap aspek pembelajaran terbuka dan jarak jauh. Niat untuk SEAMOLEC adalah bahwa hal itu akan menjadi spesialis dalam terbuka dan pembelajaran jarak jauh organisasi/institusi, dan tidak bertentangan dengan Pusat SEAMEO lainnya. Ada tujuh fungsi yang diusulkan oleh tim peneliti untuk semua negara anggota SEAMEO ditinjau. Tujuh fungsi SEAMOLEC bisa diterima. Komentar tim peneliti yang diterima dari negara-negara anggota pada kegiatan untuk masing-masing fungsi. Fungsi adalah sebagai berikut:
a.       Untuk memberikan pelatihan dalam pengembangan dan praktek sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh.
b.      Untuk melakukan penilaian kebutuhan, penelitian dan evaluasi terbuka dan pembelajaran jarak jauh, dan teknologi pendidikan.
c.       Untuk menyebarluaskan informasi tentang pembelajaran terbuka dan jarak jauh dan penggunaan teknologi untuk membuat belajar lebih efektif.
d.      Untuk mendorong pengaturan kolaboratif dan hubungan antara/lembaga nasional dan daerah antara Pusat dan terbuka dan jarak jauh eksternal belajar.
e.       Untuk memfasilitasi antar lembaga yang terbuka dan pembelajaran jarak jauh courseware akuisisi, pertukaran, pengembangan dan adaptasi di wilayah tersebut.
f.       Untuk mempromosikan berbagi dan pertukaran keahlian dan sumber daya lain untuk peningkatan kualitas dalam pembelajaran terbuka dan jarak jauh.
g.      Untuk menyarankan penyedia pembelajaran terbuka dan jarak jauh di negara-negara anggota SEAMEO pada identifikasi, akuisisi dan pemanfaatan sumber daya termasuk pemilihan teknologi tepat guna.




2.5.            Manfaat
Penerima manfaat langsung adalah lembaga yang memberikan pendidikan dan pelatihan melalui pembelajaran jarak jauh. Namun manfaat utama yang dimaksudkan adalah:
Para peserta pelatihan, mahasiswa dan peserta dari semua sektor penduduk, baik pria maupun wanita, perkotaan dan pedesaan, yang tidak mampu untuk mendapatkan keuntungan dari sistem pendidikan dan pelatihan tradisional. Pria dan wanita yang sudah dalam angkatan kerja yang ingin meningkatkan keterampilan mereka atau untuk mendapatkan kompetensi baru untuk meningkatkan pembangunan dan kerja peluang karir mereka. Orang dewasa yang ingin meningkatkan standar pendidikan mereka melalui ini perubahan modalitas kedua. Lembaga pendidikan dan pelatihan tradisional yang akan memanfaatkan bahan pembelajaran jarak jauh yang baik sebagai bagian dari penyediaan pembelajaran mereka sendiri.





BAB III
PELAKSANAAN MAGANG

3.1 Kegiatan magang
            Daftar kegiatan magang selama di SEAMOLEC
no
kegiatan
ket
1.
Mengikuti kelas maya
Haritz N
2.
Mengikuti kelas buku digital
Ali Imron
3.
Mengikuti kelas go language
Sajarwo Anggai
4.
Mengikuti kelas app inventor
Haulia
5.
Perkenalan go language untuk D4

6.
Merekap data pelatihan jogja
div.riset
7.
Mengconvert laporan penelitian word ke pdf
div.riset



           

3.2 Tulisan Blog


3.3 APP Inventor

Cusnul Fitriawati
Judul karya :
“Percakapan tiga bahasa”

Comments

Popular posts from this blog

ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM(Koperasi Budi Luhur)

Bilangan Prima menggunakan GoLang

Cara menuju Lubang Buaya