Rangkuman Tugas KDPJJ


Tugas 1
Inti dari setiap pembelajaran adalah kemauan yang keras begitupun dengan PJJ dibutuhkan kemauan yang keras aktif serta dapat menjadikan setiap pelajaran menjadi pembelajaran merupakan hal yang menyenangkan.Setiap murid yang mengikuti pembelajaran bisa aktif dan nyaman dengan metode pelajaran yang dilakukan. Tidak merasa terbebani oleh semua tugas yang diberikan oleh setiap teacher yang dia ikuti kelasnya karena mempunyai rasa tanggung jawab untuk menyelesaikanya.
Tugas 2
Perkembangan Pjj di Indonesia masuk dalam generasi keempat.Model pembelajaran fleksibel dimana sistem pembelajaran yang diberikan mengalami keluasan dalam pemanfaatan karena sudah menggunakan multimedia interaktif secara online,akses internet dan komunikasi bermedia komputer.Tetapi masih ada kekurangan yaitu komunikasi antara peserta didik dengan pengajar hanya satu arah tidak secara real time.Sebagai contoh pertanyaan yang diajukan peserta didik ketika kurang paham dengan materi yang disampaikan oleh pengajar pada modul tidak langsung dijawab oleh pengajar yang bersangkutan.Dan juga tidak semua daerah bisa mendapatkan akses internet yang memadai contohnya teman – teman dari Cianjur yang akses internetnya tidak secepat yang ada di Jakarta.
Tugas 3
Menurut Bates ada tujuh kriteria yang dapat kita jadikan pedoman dalam memilih media,dari ketujuh kriteria tersebut ada tiga hal yang paling penting
1.       Access (aksesibilitas)
Ketersediaan sarana yang mendukung pengembangan maupun penggunaan media tertentu
Contoh : ketika pengajar memberikan materi yang sangat baik tetapi peserta didik tidak dapat menerima materi tersebut karena tidak memiliki akses terhadap media.Jadi sebaik apapun konten pembelajaran akan menjadi sia-sia jika tidak didukung oleh hardware sofware dan infrastruktur yang baik.
2.       Teaching and Learning (proses pembelajaran)
Sejauh mana media mampu membantu proses belajar mengajar sehingga bisa diketahui media apa yang akan digunakan dalam proses pembelajaran tersebut sehingga media yang tersedia menjadi tidak sia-sia.
Contoh : penggunaan edmodo
3.       Interactivity (komunikasi dua arah)
Komunikasi dua arah ini biasanya menggunkan media elektronik menjadikan sebuah media mampu memberikan komunikasi dua arah dengan memahaminya sehingga bisa terjadi proses belajar mengajar.
Contoh : Blog untuk pembuatan tutorial pembelajaran


Comments

Popular posts from this blog

ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM(Koperasi Budi Luhur)

Bilangan Prima menggunakan GoLang

Cara menuju Lubang Buaya