Rangkuman Tugas KDPJJ
Tugas 1
Inti dari setiap pembelajaran adalah kemauan yang keras begitupun dengan
PJJ dibutuhkan kemauan yang keras aktif serta dapat menjadikan setiap pelajaran
menjadi pembelajaran merupakan hal yang menyenangkan.Setiap murid yang
mengikuti pembelajaran bisa aktif dan nyaman dengan metode pelajaran yang
dilakukan. Tidak merasa terbebani oleh semua tugas yang diberikan oleh setiap
teacher yang dia ikuti kelasnya karena mempunyai rasa tanggung jawab untuk menyelesaikanya.
Tugas 2
Perkembangan Pjj di Indonesia masuk dalam generasi keempat.Model
pembelajaran fleksibel dimana sistem pembelajaran yang diberikan mengalami
keluasan dalam pemanfaatan karena sudah menggunakan multimedia interaktif
secara online,akses internet dan komunikasi bermedia komputer.Tetapi masih ada
kekurangan yaitu komunikasi antara peserta didik dengan pengajar hanya satu
arah tidak secara real time.Sebagai contoh pertanyaan yang diajukan peserta
didik ketika kurang paham dengan materi yang disampaikan oleh pengajar pada
modul tidak langsung dijawab oleh pengajar yang bersangkutan.Dan juga tidak
semua daerah bisa mendapatkan akses internet yang memadai contohnya teman –
teman dari Cianjur yang akses internetnya tidak secepat yang ada di Jakarta.
Tugas 3
Menurut Bates ada tujuh kriteria yang dapat kita jadikan pedoman dalam
memilih media,dari ketujuh kriteria tersebut ada tiga hal yang paling penting
1. Access (aksesibilitas)
Ketersediaan sarana yang mendukung pengembangan maupun penggunaan media
tertentu
Contoh : ketika pengajar memberikan materi yang sangat baik tetapi peserta
didik tidak dapat menerima materi tersebut karena tidak memiliki akses terhadap
media.Jadi sebaik apapun konten pembelajaran akan menjadi sia-sia jika tidak
didukung oleh hardware sofware dan infrastruktur yang baik.
2. Teaching and Learning (proses
pembelajaran)
Sejauh mana media mampu membantu proses belajar mengajar sehingga bisa
diketahui media apa yang akan digunakan dalam proses pembelajaran tersebut
sehingga media yang tersedia menjadi tidak sia-sia.
Contoh : penggunaan edmodo
3. Interactivity (komunikasi dua
arah)
Komunikasi dua arah ini biasanya menggunkan media elektronik menjadikan
sebuah media mampu memberikan komunikasi dua arah dengan memahaminya sehingga
bisa terjadi proses belajar mengajar.
Contoh : Blog untuk pembuatan tutorial pembelajaran
Comments
Post a Comment