Augmented reality animasi Rotasi bumi

hai hai jumpa lagi dengan saya,
untuk pertemuan kali ini tentang animasi pada augmented reality dan yang saya buat animasinya rotasi bumi.
Rotasi bumi merujuk pada gerakan berputar planet bumi pada sumbunya.Bumi berputar ke arah timur atau jika dilihat dari utara melawan arah jarum jam.
Akibat pergerakan pada sumbunya setiap daerah di bumi mengalami siang dan malam,walaupun dengan panjang siang dan malam yang bisa berbeda.Masa rotasi bumi pada sumbunya dalam hubunganya dengan bintang ialah 23 jam 56 menit dan 4.091 detik.

Nah untuk yang pertama harus kita siapkan file .blend dan juga image target.
Buka file .blend yang sudah ada animasinya


kemudian pilih file - export - auto desk FBX

simpan dalm folder yang sama pada .blend
pilih lagi file - external data - unpack all into files.Bila ada tanda centang pada automaticaly pack into .blend hilangkan dulu tanda centangnya.Dan masuk lagi pada file seperti tadi
pilih use file in curent directory
bila sudah kita cek di folder yang sudah kita siapkan tadi untuk melihat .fbx
cek juga teksture dalam folder
masuk pada unity tarik ke areanya Ar camera dan image target.Untuk main camera delete saja
atur supaya ar camera dan image target posisinya sama dengan cara position diganti 0(nol) semua

Selanjutnya Pilih asset import packed custom package
file yang dimasukan dari unity package
untuk memasukan filenya tidak bisa bersamaan harus satu persatu.
atur untuk image target dengan data set yang tadinya empty kita ganti dengan file unity package yang telah kita masukan tadi

Buat folder baru pada Asset dengan nama yang diinginkan.Disini saya memakai nama rotasi
Buka folder tersebut dan masukan 2 file dari folder yaitu .fbx dan teksture
Tarik file animasi kedalam area kemudian klik file .fbx untuk kita atur animasinya.Klik model dan ganti 1 untuk scale factornya apply
untuk rig pilih legacy kemudian apply
pindah ke animation wrap mode ganti dengan loop
dan ganti nama pada scene yang kita inginkan sesuaikan untuk start dan end sesuai yang terdapat pada file blender
jangan lupa centang add loop frame dan pilih loop dan apply
Setelah semuanya dimasukan pada area kita atur scala dan posisinya agar terlihat pada Ar camera.Untuk mengaturnya mungkin bagi yang pertama kali belajar akan cukup kesulitan jadi harus sering praktek untuk membuat animasi dengan unity
terakhir jangan sampai lupa untuk mengatur agar image target terlihat dengan centang pada ar camera pilih load data set
Nah sekarang kita tinggal melihat hasilnya yang telah saya upload https://www.youtube.com/watch?v=frDHeG-1SGo
Selamat mencoba dan jangan pernah takut untuk mencoba lagi walaupun sering mengalami kegagalan.

Comments

Popular posts from this blog

ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM(Koperasi Budi Luhur)

Bilangan Prima menggunakan GoLang

Cara menuju Lubang Buaya