Rangkuman Tugas KDPJJ 2


Tugas 4
evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir pembahasan suatu pokok bahasan / topik dan dimaksudkan untuk mengetahui sejauh manakah suatu proses belajar berjalan seperti yang sudah direncanakan.
contoh : tugas kdpjj topik 3
evaluasi sumatif adalah evaluasi yang dilaksanakan pada setiap akhir waktu yang didalamnya terdapat lebih dari satu pokok bahasan.
contoh : UTS kdpjj

 Tugas 5
Ada 6 persyaratan peningkatan kulitas pendidikan :

1.    didasarkan pada kegiatan perencanaan yang sistemik berkenaan dengan kurrikulum, bahan ajar, proses pembelajaran, alat dan sistem evaluasi.
2.    berbasiskan media dan TIK.
3.    memanfaatkan sistem penyampaian yang inovatif dan kreatif.
4.    menyelenggarakan proses pembelajaran interaktif berbasiskan TIK tanpa mengesampingkan kesempatan tatap muka.
5.    mengembangkan dan membina tingkat kemandirian siswa
6.     menyediakan layanan pendukung yang berkualitas (administrasi akademik, bantuan belajar siswa, unit sumber belajar untuk layanan administrasi dan siswa, akses, konektivitas, dan infrastruktur)

Dari keenam syarat tersebut saya lebih memilih
a)      Didasarkan pada kegiatan perencanaan yang sistemik berkenaan dengan kurikulum,bahan ajar,proses pembelajaran,alat dan sistem evaluasi.
Karena didalamnya sudah mencakup semua yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran pjj.Tanpa ada perencanaan yang baik sebelum pembelajaran dimulai akan mengakibatkan tidak maksimalnya proses belajar mengajar yang diadakan.
Contoh : silabus kdpjj

b)      Mengembangkan dan membina tingkat kemandirian siswa.
Dalam pembelajaran pjj siswa dituntut untuk bisa belajar mandiri karena jarang adanya pertemuan atau tatap muka dengan pengajar.Untuk itu sangat penting siswa bisa belajar dari berbagai sumber tidak hanya dari pengajar saja.
Contoh : siswa belajar dari tutorial dan referensi yang lain

c)      Menyediakan layanan pendukung yang berkualitas
(administrasi akademik,bantuan belajar siswa,unit sumber belajar untuk layanan administrasi dan siswa,akses,konektifitas dan infrastruktur).
Dalam pjj layanan pendukung yang berkualitas sangat dibutuhkan karena dengan layanan pendukung yang berkualitas dapat memudahkan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dalam pjj.Diharuskanya siswa belajar secara mandiri membuat layanan pendukung sangat penting keberadaannya.
Contoh : disediakannya hotspot untuk mengakses materi dari pengajar

Comments

Popular posts from this blog

ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM(Koperasi Budi Luhur)

Bilangan Prima menggunakan GoLang

Cara menuju Lubang Buaya