UML (Unified Modeling Language )
Beberapa definisi UML.
1. Unified Modeling Language adalah bahasa yang telah menjadi standard unutk
visualisasi, menetapkan, membangun dan mendokumentasikan artifak suatu sistem
perangkat lunak.
2. Unified Modeling Language adalah keluarga notasi garis yang mendukung oleh meta
–model tunggal, yang membantu mendeskripsikan dan desain sistem perangkat
lunak. Khususnya sistem yang dibangun menggunkan program berbasis objek.
Use case Diagram
Model Use case dapat
dijabarkan dalam diagram Use case,
tetapi diagram tidak identik dengan model karena model lebih luas daripada
diagram. Komponen pembentuk diagram Use
case.
1. Aktor, menggambarkan pihak yang
berperan dalam sistem.
2. Use case, aktifitas / sarana yang disiapkan oleh bisnis/sistem.
3. Hubungan (link), menghubungkan aktor mana saja yang terlibat dalam Use case ini.
Class Diagram
Kelas dinyatakan dalam kotak yang terbagi menjadi
beberapa kompartemen. Kompartemen kelas yang berisi infromasi, kompartemen yang
pertama Nama kelas attribute, operation dan responsibility dari class
ada pada kotak tersebut. Stereotypes bisa dipergunakan untuk
mengorganisasikan daftar attribute dan operation. Dalam beberapa
kasus, kadangkala hanya perlu ditampilkan sebagian saja dari attribute dan
operation. Tipe attribute dan nilai default bisa
dimunculkan sebagaimana pada operation. Untuk mengurangi ambiguitas pada
pendeskripsian class, constraint bisa ditambahkan. Bahkan kalau
perlu bisa ditambahkan attached notes ke dalam kotak tersebut.
Sequence Diagram
Sequence diagram digunakan untuk menggambarkan perilaku pada
sebuah skenario. Diagram ini menunjukkan sejumlah
contoh objek dan message yang diletakkan diantara objek-objek ini di
dalam use case. Sequence diagram menambahkan dimensi waktu pada
interaksi diantara objek. Pada diagram ini participant diletakkan di atas dan
waktu ditunjukkan dari atas ke bawah. Life line participant diurutkan
dari setiap participant. Kotak kecil pada lifeline menyatakan activation,
yaitu menjalankan salah satu operation dari participant. State bisa
ditambahkan dengan menambahkannya sepanjang lifeline Message (sederhana,
synchronous atau asynchronous) adalah Message I tanda panah yang
menghubungkan suatu lifeline ke lifeline yang lain. Lokasi lifeline
dalam dimensi vertikal mewakili urutan waktu dalam sequence diagram.
Message yang pertama terjadi adalah yang paling dekat dengan bagian atas
diagram dan yang terjadi belakangan adalah yang dekat dengan bagian bawah.
Pada beberapa sistem, operasi
bisa dilakukan kepada dirinya sendiri. Hal ini disebut dengan rekursif.
Untuk melukiskannya digunakan anak panah dari activation kembali ke
dirinya sendiri, dan sebuah kotak kecil diletakkan pada bagian atas dari activation.
Activity Diagram
Diagram ini memperlihatkan aliran dari suatu aktifitas
ke aktifitas lainnya dalam suatu sistem. Diagram ini terutama penting dalam
pemodelan fungsi-fungsi dalam suatu sistem dan memberi tekanan pada aliran
kendali antar objek.
Data Flow Diagram
Data Flow Diagram adalah suatu diagram yang
menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus data dari data sistem, yang
penggunaanya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, terstruktur
dan jelas
Comments
Post a Comment