UML (Unified Modeling Language )

Beberapa definisi UML.
1. Unified Modeling Language adalah bahasa yang telah menjadi standard unutk visualisasi, menetapkan, membangun dan mendokumentasikan artifak suatu sistem perangkat lunak.

2. Unified Modeling Language adalah keluarga notasi garis yang mendukung oleh meta –model tunggal, yang membantu mendeskripsikan dan desain sistem perangkat lunak. Khususnya sistem yang dibangun menggunkan program berbasis objek.
Use case Diagram
Model Use case dapat dijabarkan dalam diagram Use case, tetapi diagram tidak identik dengan model karena model lebih luas daripada diagram. Komponen pembentuk diagram Use case.
1.    Aktor, menggambarkan pihak yang berperan dalam sistem.
2.    Use case, aktifitas / sarana yang disiapkan oleh bisnis/sistem.
3.    Hubungan (link), menghubungkan aktor mana saja yang terlibat dalam Use case ini.
        Class Diagram
Kelas dinyatakan dalam kotak yang terbagi menjadi beberapa kompartemen. Kompartemen kelas yang berisi infromasi, kompartemen yang pertama Nama kelas attribute, operation dan responsibility dari class ada pada kotak tersebut. Stereotypes bisa dipergunakan untuk mengorganisasikan daftar attribute dan operation. Dalam beberapa kasus, kadangkala hanya perlu ditampilkan sebagian saja dari attribute dan operation. Tipe attribute dan nilai default bisa dimunculkan sebagaimana pada operation. Untuk mengurangi ambiguitas pada pendeskripsian class, constraint bisa ditambahkan. Bahkan kalau perlu bisa ditambahkan attached notes ke dalam kotak tersebut.
       Sequence Diagram
Sequence diagram digunakan untuk menggambarkan perilaku pada
sebuah skenario. Diagram ini menunjukkan sejumlah contoh objek dan message yang diletakkan diantara objek-objek ini di dalam use case. Sequence diagram menambahkan dimensi waktu pada interaksi diantara objek. Pada diagram ini participant diletakkan di atas dan waktu ditunjukkan dari atas ke bawah. Life line participant diurutkan dari setiap participant. Kotak kecil pada lifeline menyatakan activation, yaitu menjalankan salah satu operation dari participant. State bisa ditambahkan dengan menambahkannya sepanjang lifeline Message (sederhana, synchronous atau asynchronous) adalah Message I tanda panah yang menghubungkan suatu lifeline ke lifeline yang lain. Lokasi lifeline dalam dimensi vertikal mewakili urutan waktu dalam sequence diagram. Message yang pertama terjadi adalah yang paling dekat dengan bagian atas diagram dan yang terjadi belakangan adalah yang dekat dengan bagian bawah.
Pada beberapa sistem, operasi bisa dilakukan kepada dirinya sendiri. Hal ini disebut dengan rekursif. Untuk melukiskannya digunakan anak panah dari activation kembali ke dirinya sendiri, dan sebuah kotak kecil diletakkan pada bagian atas dari activation.
        Activity Diagram
Diagram ini memperlihatkan aliran dari suatu aktifitas ke aktifitas lainnya dalam suatu sistem. Diagram ini terutama penting dalam pemodelan fungsi-fungsi dalam suatu sistem dan memberi tekanan pada aliran kendali antar objek.
       Data Flow Diagram
Data Flow Diagram adalah suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus data dari data sistem, yang penggunaanya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, terstruktur dan jelas

Comments

Popular posts from this blog

ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM(Koperasi Budi Luhur)

Bilangan Prima menggunakan GoLang

Cara menuju Lubang Buaya